Treatment Gila! Jatuh Cinta Seperti di Film - Film

Berkompetisi di JAFF 18 sebelum tayang di Bioskop.

ULASAN FILMNASIONAL

Rehal Senoth

12/4/20232 min read

Poster Film Jatuh Cinta Seperti di Film - Film.

BeritaSinema.com - Bercerita tentang Bagus, seorang penulis skenario film yang bertemu lagi dengan Hana, teman SMA pujaan hatinya yang baru saja menjanda. Tanpa Hana tahu, Bagus menulis semua obrolan pribadi Bagus dan Hana menjadi sebuah film layar lebar. Padahal Hana pada saat itu sedang kehilangan warna hidupnya karena sang suami baru beberapa bulan saja meninggal dunia. Berhasilkah Bagus memberikan warna baru di dalam hidupnya Hana?

Jatuh Cinta Seperti di Film - Film, Film panjang kedua karya Sutradara Yandy Laurens yang Gila Bangetttt!!!. Gimana nggak gila? ini Film Romance tapi hitam putih (sebenarnya gak hanya ini) tapi saya sebagai penonton bener bener dibuat gak bisa diem gara - gara treatment yang disajikan, bisa dibilang Film ini emang curhatan sutradara yang juga sebagai penulis filmnya deh, banyak banget adegan sarkas yang dihadirkan, ntah nyindir siapa? Produser, Sutradara, Kru, Aktor, bahkan penonton pun kena semua.

Diluar alur cerita yang udah banyak bahas, mungkin saya merasa sedikit orang menyadari Yandy lagi bikin wokshop penulisan skenario pake medium film deh hahaha, saya yang nonton sama istri (yang nggak tau apa - apa tentang penulisan skenario) pulangnya dia bilang jadi pengen bikin skenario film. Menurut Yandy (dalam podcast di Youtube Hahaha TV) Proses film JCSDFF ini juga mirip dengan alur cerita filmnya, muncul banyak pertanyaan dari beberapa produser, "kenapa hitam putih?" tapi semua itu akan terjawab ketika kalian udah nonton filmnya.

Film Jatuh Cinta Seperti di Film - Film ini telah berkompetisi terlebih dahulu di Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke 18 sebelum pada akhirnya tayang di Bioskop mulai 30 November 2023. pada gelaran JAFF 18, film ini juga banyak mendapat respon positif dari penontonnya. Film JCSDFF juga mengulas cerita cinta di usia dewasa lewat tokoh Bagus-Hana. Kedua tokoh tidak punya banyak momen gemas, layaknya film romcom pada umumnya. Nirina dan Ringgo sukses mengeksekusi dialog panjang tanpa kehilangan emosi, apalagi membosankan. Celetukan pasangan Cheline-Dion serta kemunculan Julie juga jadi ’’pelega” tanpa terkesan maksa.

Bagi Nirina dan Ringgo, JCSDFF adalah obat yang membuat mereka kembali mencintai dunia akting. Keduanya mengaku sempat ’’melekat” dengan genre komedi sehingga dinilai sebagai aktor spesialis komedi. Mereka jarang mendapat peran yang serius atau punya porsi drama besar. Film drama naratif yang nggak ngebosenin sama sekali, penonton sering dibuat ketawa dan sesekali dibuat haru.

Film Jatuh Cinta Seperti di Film - Film saat ini sedang tayang di bioskop - bioskop tanah air, yuk rasain romantisnya seperti di Film - Film bareng pasangan kalian. (RS/K3/RS)

Press Conferense Film Jatuh Cinta Seperti di Film - Film. (Sumber : Instagram @yndlaurens)