Keluar Main 1994: Dilema Anak Sekolah dalam Nostalgia Masa Lalu Kota Makassar

DL Entertainment merilis official trailer dan poster film Keluar Main 1994, yang akan tayang di bioskop mulai 28 Maret 2024.

NASIONALGALA PREMIERE

Fariduddin Aththar

3/13/20242 min read

BeritaSinema.com - DL Entertainment merilis official trailer dan poster film Keluar Main 1994, yang akan tayang di bioskop mulai 28 Maret 2024. Diproduseri oleh Liani Kawati, Amril Nuryan, dan Andi Ashari, Keluar Main 1994 mengisahkan sosok anak muda bernama Ibo (diperankan Arif Brata) yang menghadapi dilema; antara terus bermain sepakbola kesukaannya, atau serius belajar sebagaimana tuntutan orang tuanya, Pak Karim (Andrew P). “Film ini menggambarkan dunia remaja di masa itu. Kita diajak kembali ke tahun 90-an dengan nuansa Makassar yang kental. Film ini bisa menjadi tontonan yang fresh, dan banyak hal di balik pembuatan film ini. Film ini bisa menjadi topik yang menarik sekali untuk kita bahas bersama, tentang hubungan anak dan orang tua, tentang bagaimana orang tua melihat dan mengembangkan bakat anak, dan hal-hal lain yang juga bisa kita bahas sambil bernostalgia,” ungkap Liani kawati, salah satu produser film ini.

Sutradara sekaligus pencetus ide cerita film ini, Ihdar Nur, tak perlu diragukan lagi pengalamannya. Sebelum Keluar Main 1994, beberapa judul filmnya antara lain adalah Halo Makassar dan Anak Muda Palsu, juga dua series berjudul Aman Bos dan Pattumbu. Kepada awak media, Ihdar Nur menceritakan pengalaman yang menurutnya “Menyenangkan sekali. Mengerjakan film ini seperti kembali hidup di masa 90-an. Semua do the best dan kita akan sama-sama merayakan film ini dengan datang ke bioskop menonton Keluar Main 1994 mulai 28 Maret 2024 nanti. Hadirnya film ini juga berusaha untuk menjembatani masyarakat bahwa sebenarnya ada jalan tengah yang bisa diambil oleh kedua belah pihak untuk menghindari konflik. Diawali dengan komunikasi yang baik, pada akhirnya anak akan menyadari bahwa membahagiakan orang tua tidak harus dengan jalan mengubur impian mereka,” ungkapnya.

Arif Brata, konten kreator dan komika yang terkenal akan gimmick Academy FYP-nya, menjadi pemeran tokoh utama. “Kalau sekarang baru official trailer dan poster film Keluar Main 1994 yang dirilis, saya ingin filmnya segera dirilis, karena film ini luar biasa, rasa nostalgia dan bagaimana remaja di zaman itu mencari jati diri tergambar dengan sangat baik. Ibo, karakter yang saya perankan di sini, begitu cinta kepada sepak bola, tapi di sisi lain dia juga harus utamakan sekolahnya, sesuai dengan keinginan orang tuanya, dan disanalah ada Vivi yang datang di hidup Ibo, yang ternyata justru menimbulkan sebuah dilema. Nggak sabar rasanya menunggu film ini tayang,” ungkap Arif.

Selain Arif Brata, Geng Ibo dilengkapi oleh Jufri (Oki Palu), Ippang (Adi Surya), dan Concong (Bryant). Selain itu, ada pula karakter Vivi (Alisa Safitri) yang memberi balutan dilema dalam kehidupan Ibo. Dari segi cerita, dapat dipastikan bahwa Keluar Main 1994 dapat memberikan penonton lokal Makassar maupun nasional keterkaitan dan keterhubungan dengan kehidupan mereka di dunia nyata. Tidak hanya untuk anak-anak SMA yang kini masih bersekolah, tetapi juga bagi mereka yang di bangku kuliah hingga telah bekerja.

Film Keluar Main 1994 juga patut ditunggu-tunggu karena merupakan film debut DL Entertainment. Kehadiran mereka dalam ekosistem perfilman di Sulawesi Selatan, utamanya di Kota Watampone, Bone, merupakan komitmen untuk mendukung sineas-sineas lokal dalam memproduksikan karya yang dapat bereda secara nasional. Didirikan David Tjioe dan Liani Kawati, film berdurasi 112 menit produksi DL Entertaiment ini akan menghibur di bioskop-bioskop terdekat kesayangan Anda mulai tanggal 28 Maret 2024. Jangan lupa beli tiketnya! (FA/K3/FA)